Minggu, 22 Mei 2011

Mendongkrak Profit Melalui Sistem

Taken from : Market+ Edisi 17 April 2011 – Business Coach by Mutia Prihatini (www.wbcsolution.com)



Selama Anda menjalankan bisnis, sistem apa saja yang sudah Anda bentuk? Tahukah Anda tujuan esensial sistem yang Anda terapkan? Lalu, sadarkah Anda akan dasar keputusan dalam memilih sistem di bisnis Anda?

Semua bentuk sistem, secara esensial, dibentuk untuk membantu Anda menyimpan energy agar bisa lebih produktif untuk mengambil keputusan di hal-hal yang penting dan strategis, sesuai peran Anda sebagai pemilik bisnis. Selain itu, sistem juga sangat diperlukan agar bisnis Anda produktif dalam menghasilkan keuntungan.

Jadi, dalam memilih sistem yang akan Anda terapkan, Anda perlu memiliki sistem yang akan mendongkrak produktifitas dan keuntungan bisnis Anda. Dari sudut pandang ini, sistem yang tepat belum tentu yang termurah ataupun yang termahal dalam investasinya.

Prinsip mendasar lainnya dalam mengembangkan suatu sistem adalah sebagai alat yang membuat Anda bisa melakukan banyak delegasi tugas-tugas rutin kepada team. Prinsip ini merujuk pada fungsi esensial dari sistem, yaitu membuat Anda lebih focus kepada peran Anda sebagai pengambil keputusan hal-hal terpenting dan strategis.


4 Area Bisnis yang Perlu Anda Sistemkan

1.       Area People dan Edukasi
Team yang pintar akan mempermudah Anda dalam melakukan delegasi. Selain pintar, team Anda perlu juga kompak dan loyal kepada Anda. Untuk itu, Anda perlu menetapkan kultur perusahaan yang berasal dari sistem nilai ideal Anda. Anda juga perlu menentukan struktur organisasi yang memadai serta deskripsi tugas yang jelas bagi semua team Anda. Setelah itu, Anda perlu memberikan edukasi secara terprogram kepada team tentang hal-hal teknis yang perlu mereka kuasai.

2.       Area Delivery dan Distribusi
Area ini berkaitan dengan produksi, pemasaran dan penjualan. Anda bisa mulai dengan merancang Standard Operating Procedure (SOP) serta work flow yang jelas bagi setiap tugas rutin yang dilakukan team Anda di area-area tersebut. Setelah itu, Anda bisa menyusun manual yang bisa menjadi panduan bagi team Anda dalam mengerjakan tugas rutin operasionalnya.

3.       Area Keuangan dan Evaluasi
Pertanyaan yang perlu timbul di benak Anda adalah apakah investasi yang Anda tanam sudah memberikan hasil sesuai target Anda, baik dari segi revenue maupun keuntungan? Anda bisa mulai dengan selalu memiliki laporan dari setiap kegiatan Anda, termasuk pemakaian uang di setiap kegiatan.

4.       Area Sistem dan Teknologi
Bila bisnis Anda membutuhkan loyalitas yang tinggi dari pelanggan, maka Anda perlu memiliki teknologi yang memungkinkan Anda berkomunikasi secara tepat waktu dengan pelanggan. Anda juga mungkin memerlukan bantuan teknologi agar laporan-laporan yang berkaitan dengan keuangan, marketing, penjualan, produksi dan sumber daya manusia Anda dapat Anda baca secara “real time”. Manfaat dari laporan yang real time ini akan terasa kritikal pada saat Anda perlu mengambil keputusan strategis dengan cepat. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar