Minggu, 22 Mei 2011

Perempuan, Sang Manajer Keuangan di Rumah

Perempuan di Indonesia sangat sering mengambil peran sebagai manajer keuangan di rumah. Biasanya, para suami yang bekerja lalu menyerahkan pengelolaan penghasilan mereka kepada istri. Perempuan Indonesia ada yang bekerja di rumah ada juga yang bekerja di luar rumah. Penghasilan perempuan, ada yang digunakan untuk kebutuhan keluarga, ada juga yang digunakan hanya untuk dirinya sendiri.




Ada beberapa hal yang penting diketahui perempuan sebagai manajer keuangan di rumah.

Pengaturan Arus Kas

Biasanya Pengaturan Arus Kas inilah yang menyebabkan perempuan terpilih menjadi manajer keuangan di rumah. Biasanya perempuan dianggap lebih teliti sehingga bisa mengatur lalu lintas uang dalam rumah tangga. Hati-hati agar tidak terjebak hanya sebagai pengatur lalu lintas saja. Jangan-jangan Anda hanya tahu uang belanja saja tapi tidak mengurusi berapa yang bisa ditabungkan atau diinvestasikan. Atau jangan-jangan sebagai istri, Anda tidak tahu besarnya penghasilan suami?

Tujuan Finansial

Menghasilkan uang atau tidak, perempuan perlu tahu apa saja Tujuan Finansial keluarga. Anda perlu mendiskusikan tujuan-tujuan penting seperti Dana Darurat, Dana Pendidikan, Dana Pensiun, Dana Liburan, dan lain – lain. Pencapaian Tujuan Finansial baru dapat terlaksana jika Anda memiliki Rencana Keuangan yang komprehensif. Perhatikan juga bagaimana Anda mengelola uang sendiri. Ada banyak perempuan sangat hebat mengelola keuangan keluarga namun lengah mengelola uang pribadinya.

Wawasan Finansial

Terakhir, perempuan perlu segera meningkatkan wawasan financial/financial literacy. Sekarang ini, keingintahuan perempuan akan produk-produk keuangan dan investasi semakin berkembang. Jika memang Anda sebagai perempuan yang berperan mengatur keuangan keluarga, maka Anda harus juga mau belajar terus. Jangan sampai Anda memilih produk yang tidak sesuai dengan Tujuan Finansial keluarga hanya karena kurang pengetahuan. Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar dan melakukan perubahan demi masa depan yang lebih baik.

Selamat berjuang,
Masa depan keluarga ada di tangan perempuan sebagai manajer keuangannya. 





Taken from : Market+ Edisi 17 April 2011 – Money & Me by Ligwina Hananto (QM Financial) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar