Minggu, 22 Mei 2011

STRATEGI INVESTASI BAGI INVESTOR

Taken from : Mandiri Prioritas Volume I 2010



 
Dalam menentukan strategi investasi, para investor sebaiknya berpegang kepada prinsip dasar dan proses berinvestasi, sebagai berikut:

  • Perencanaan
  • Strategi Alokasi Aset
  • Implementasi Rencana
  • Monitoring, Evaluasi dan Penyesuaian.

Pada tahap Perencanaan, seandainya Anda memutuskan untuk berinvestasi di saham, sebaiknya investasi tersebut didedikasikan untuk mencapai tujuan investasi dalam jangka panjang dan pertumbuhan nilai asset dengan jumlah tertentu, dan bukan untuk meraih keuntungan jangka pendek. Kemudian, tentukan berapa tahun Anda dapat berkomitmen untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Jangka waktu investasi akan sangat membantu menentukan profil risiko yang bisa diterima.

Pada tahap Penentuan Strategi Alokasi Aset misalnya, perlu pemahaman akan pentingnya melakukan diversifikasi dalam rangka mengurangi risiko. Untuk pemilihan jenis asset yang berisiko seperti saham, jika Anda baru memulai berinvestasi, mulailah dengan jumlah alokasi yang rendah. Sebaiknya Anda mempertahankan alokasi ini sampai Anda merasa nyaman dengan kondisi naik turunnya pasar, dan terbiasa merasakan “kerugian di atas kertas” atau “unrealized loss” karena naik turunnya nilai investasi dari waktu ke waktu. Selain itu, Anda juga perlu membatasi penempatan pada saham dengan batasan alokasi tertentu, mengingat risiko yang mungkin timbul.

Pada tahap Implementasi Rencana, jika Anda memutuskan untuk berinvestasi secara tidak langsung dengan memanfaatkan Reksa Dana, Anda perlu memilih manajer investasi dimana Anda merasa nyaman dan dapat mempercayai manajer investasi tersebut untuk mengelola investasi Anda. Kemudian, Anda dapat memilih jenis-jenis Reksa Dana yang sesuai dengan asset alokasi yang telah ditentukan. Pertimbangkan juga investasi secara bertahap atau investasi rutin (metode dollar cost averaging) dalam tahap implementasi ini.

Pada tahap Monitoring, Evaluasi dan Penyesuaian, Anda perlu memantau kinerja dari investasi Anda dan melihat kembali, apakah pilihan investasi yang telah ditentukan telah sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko Anda. Dalam tahap ini pula, perlu diadakannya penyesuaian alokasi, sekiranya telah terjadi perubahan bobot karena pergerakan pasar.

Apabila investor dapat menerapkan proses investasi di atas secara konsisten dan disiplin, maka hasil investasi dapat menjadi lebih optimal, dan gejolak pasar serta fluktuasi akan menjadi lebih mudah untuk diatasi. Disiplin dalam berinvestasi tetap menjadi kunci. Selamat berinvestasi!  

Buat Perencanaan Keuangan
·         Tujuan dan batasan investasi
·         Jangka waktu investasi
·         Kebutuhan likuiditas
·         Alokasi dana investasi
·         Pahami profil risiko

Strategi Alokasi Aset
·         Diversifikasi
·         Mulai dengan alokasi dalam asset berisiko dengan jumlah kecil
·         Pertahankan jumlah alokasi yang cukup untuk likuiditas

Implementasikan Rencana
·         Pemilihan Fund Manager yang tepat
·         Implementasikan strategi alokasi asset
·         Investasi bertahap / investasi rutin

Monitor dan Evaluasi
·         Memantau kinerja investasi
·         Evaluasi ulang pencapaian tujuan
·         Evaluasi alokasi asset sesuai tujuan investasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar